Tuesday, August 30, 2011

10 aplikasi wajib punya untuk android (versi gw)



Setelah melengserkan Samsung Galaxy Spica gw ke istri tercinta, penggantinya adalah HTC Desire HD yang memang udah lama gw liat-liat reviewnya di youtube, gsmarena, atau phonedog.

Mencoba dua hape android membuat gw punya daftar aplikasi favorit yang wajib dicari di market (bukan stock atau bawaan):

1. Whatsapp (messaging)
Karena orang Indonesia suka banget dengan 'texting', dan karena gw gak punya BB buat BBM-an. Secara dari sisi biaya juga bisa dibilang gratis karena sama sekali gak memakai tarif SMS. Murni data plan.


Sebenarnya ada harganya tapi kecil banget: $1.99/tahun. Ya sekitar 1500 perak per bulan. Yang repot adalah cara bayarnya buat sebagian orang yang gak punya kartu kredit. Gw sendiri belum lewat expiry datenya jadi belum bayar costnya juga.

Tapi secara gw heavy user dari whatsapp gw pikir harga segitu make sense aja. Bisa dibilang ini pengganti SMS buat gw. Pakenya gak ribet. Asal nomer lawan chattingnya sudah di phonebook, dia pasti otomatis muncul di chat list.

2. Colornote (productivity)
Sering banget kan kesulitan cari pulpen dan kertas buat mencatat yang kecil-kecil? Misalnya daftar belanjaan, alamat, rekening bank, license key, atau apapun.

Hampir mirip kayak post it note yang sering kita tempel di kulkas atau papan tulis. Idenya adalah mencatat informasi secara instan. Bahkan colornote punya widget yang bisa 'menempelkan' catatan-catatan tersebut di home screen, warna warni lagi..

3. Friendcaster (social)
Punya banyak fitur lebih dibanding aplikasi Facebook bawaan. Fitur yang paling gw sering pake adalah photo tagging dan web page sharing. Selain itu gak tau kenapa kok rasanya lebih cepat sedikit sinkronisasinya.

4. Soccer Livescores (sport)
Bukannya gw suka taruhan, tapi berhubung gw fans berat Liverpool gw gak mau ketinggalan sedikitpun pertandingan mereka. Aplikasi ini gak cuma sekedar memberi hasil pertandingan, tapi juga bisa 'melaporkan' gol-gol yang terjadi selama pertandingan sekaligus pencetaknya, jadwal-jadwal seluruh liga maupun turnamen beserta klasemen dan perolehan poin.

Bila kita mempunyai tim favorit dan dimasukkan ke watchlist, maka Livescores akan memberi notifikasi tentang waktu tanding berikut live reportnya.

5. gStrings (music)
Sebagai musisi *cailah* ini aplikasi yang sangat penting khususnya buat yang main gitar. Gak ada yang namanya main gitar kalau tunenya berantakan.

Dengan metode chromatic tuning, gStrings menangkap suara gitar melalui microphone hape, kemudian menampilkan jarum penunjuk dengan indikator tune window.. persis seperti tuner umumnya, dan akurat.

6. Detikcom (internet)
Ini salah satu aplikasi buatan anak negeri yang patut dikasih dua jempol. Cepat, ringan, intuitif, dan mengakomodir pembaca detik dengan menu-menu sub berita seperti yang kita kenal: detikfinance, detiksport, detikinet, dll.

Kalo gw bandingkan dengan aplikasi bbcnews atau CNN masih lebih oke Detikcom ini. Serius...

7. Dropbox (internet)
Cloud computing sudah dimana-mana. Dropbox adalah salah satu layanan online storage yang gratis sampai 3.5GB.

Paling sering gw pake buat copy file dari pc ke hape atau sebaliknya. Atau buat backup data-data hape secara secure. Karena bisa di-share juga maka sering gw pake buat sharing dokumen sama orang lain.

8. 4Shared (internet)
Kalo yang ini lebih ke penyalahgunaan internet :-) . Gw lebih suka bilang download sample mp3 daripada download lagu. Gak patut dicontoh, tapi toh 4Shared itu sendiri bisa digunakan untuk tujuan yang lebih baik lagi, misalnya download jurnal, skripsi, data sheet, dan lain sebagainya.. Hehe..Bercanda.. yang ini gak gw lakukan kok..

9. ES File Explorer (tools)
Layaknya di pc, file explorer merupakan kebutuhan penting. Gw banyak banget melakukan aktivitas copy, move, zip, manajemen SD card, dsb.

Dari banyaknya tool serupa, gw pilih ES File Explorer buatan Estrongs yang paling stabil, punya file viewer yang built in, plus kemampuan mengakses LAN.

10. Skype (internet)
Walaupun gak terlalu sering gw pake, tapi Skype For Android memungkinkan voice call yang reliable dan gratis. Sudah banyak gw coba ke sesama pengguna skype baik itu di pc atau smartphone lain, selama ada koneksi 3G atau wifi yang memadai, kualitas suara boleh dibilang gak mengecewakan.

Satu-satunya kekurangannya adalah batere yang cepat terkuras habis bila kita pakai aplikasi ini. Tapi ini 2011.. colokan listrik dimana-mana, so tinggal dicas man..
posted from Bloggeroid

No comments: