Friday, July 4, 2008

Day of the year


Pernah gak loe bangun kesiangan di suatu hari dan terburu-buru mempersiapkan semua hal untuk aktivitas dan agenda hari itu? Loncat dari tempat tidur, nggak sempet beres-beres kamar, langsung mandi, sarapan, terus cabut ke luar. Pas sorenya pulang kantor langsung makan malam, mandi, dan tidur. Sampai esok harinya terbangun dengan wajah melongo sambil bilang: “Ya ampun..! Kemarin ulang tahun cewe gw!!”.

Bisa dibayangin kata-kata yang bakal keluar: “Oh, jadi gini sekarang.. Cuma tiga tahun pertama aja cinta inget ulang tahun teteh.” Atau: “Cinta semalem abis ketemu siapa sih.. Ditungguin sampe malem nggak telepon-telepon.” Seribu alasan harus gw karang untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga. Prinsip 'white lie' yang selalu gw pake harus sekali lagi diterapkan saat itu.


Sampai tahun ini gw gak pernah kehilangan momen 'perayaan' tersebut. Selain karena sudah gw tambahin di To Do List organiser, dia juga dari jauh hari udah duluan nyinggung-nyinggung mau hadiah apa buat ulang tahunnya. “Tahun ini jangan sepatu lagi ya.. Teteh kemarin liat ada jam tangan bagus di Kelapa Gading. Murah deh pokoknya.” Walaupun pada akhirnya nggak selalu dipenuhi permintaannya karena pada dasarnya dia cuma mau menunjukkan perasaan “You're my man. I'm counting on you.”

Sebenarnya penting gak sih mengucapkan selamat ulang tahun? Gw pribadi sih nggak terlalu mikirin. Apalagi sampai nungguin orang bikin surprise party buat kita. Orang pada ingat ya syukur, nggak juga nggak masalah. Toh gw juga bebas dari kewajiban mentraktir mereka. Oh ya, kebiasaan mentraktir teman-teman pada hari ulang tahun ini khas banget di Indonesia. Soalnya waktu gw di Singapore ada kolega gw – namanya Steven Tan – yang ulang tahun, justru teman-temannya yang pada bawain sesuatu buat dia. Bukan kado, tapi sesuatu macam chicken pie dengan lilin di atasnya, wine, terus ngadain 'renungan' kecil dan testimonial dari beberapa orang terdekatnya yang berakhir pada ucapan “Happy birthday, dude. Make your wish..”

Ini cuma masalah kepedulian. Dari sudut pandang gw ulang tahun seseorang – khususnya orang-orang terdekat – adalah momen yang memicu memori untuk melihat kembali keterlibatan orang tersebut dalam hidup kita. Misalnya ulang tahun nyokap. Sadar nggak kita jika beliau semakin tua dan semakin letih mengurusi keluarganya? Ucapan selamat ulang tahun kepadanya akan menjadi sangat berarti apalagi ditambah hadiah yang nggak harus mahal tapi bermanfaat dan berkesan. Ungkapkanlah rasa terima kasih kepadanya karena sudah menjadi bagian paling besar dari hidup kita. Utarakanlah permintaan maaf jika selama ini kita selalu membebani pikirannya dengan masalah. Dengan semua 'hadiah' ini yang walaupun hanya setahun sekali beliau akan terima dengan senang hati dan merasa pertambahan umurnya diiringi dengan kedewasaan anak-anaknya dalam bersikap. Kapan lagi bos, ini cuma setahun sekali. Apa yang membuat loe merasa yakin bisa mengucapkan selamat ulang tahun lagi tahun depan? Mungkin kata-kata yang tepat buat dia seharusnya menjadi: “Happy birthday. Don't bother of making wish. Let us wish for you..”

Tujuh juli ini adalah hari ulang tahun Indah – cewe gw. Walaupun baru empat tahun kenal dan jadian doi mau gak mau telah menambah warna baru di hidup gw. Bisa dibilang gw nih dari dulu adalah tuan rumah yang baik untuk pesta cewe-cewe cantik. Tapi dari dulu juga gw nggak pernah kenal siapa tamunya. Sampai Indah datang. Kecantikan di balik kesederhanaan jadi hidangan pembuka yang dia tawarkan. Proses penjajakan selama empat tahun udah cukup buat gw merasakan menu utamanya: Keikhlasan dia dan keluarganya menerima gw dan keluarga gw. Gw yakin masih banyak yang harus dijalani untuk mencoba menu-menu lainnya dan Insya Allah kita akan menjalaninya bersama mulai Agustus ini.

Belum banyak yang bisa diceritakan dari Indah. Dia tuh ibarat jawaban atas doa-doa gw, misteri jodoh yang telah terungkap, akhir penantian, tempat biduk gw berlabuh (ceilee..), jalan keluar gw, alarm pagi gw, my wake up call, pengingat saat gw lupa, alasan gw mulai menabung, translator bahasa sunda, tempat curhat, dan sebagainya.. Pokoknya so far so good. And I hope it will always be like this.

Selamat ulang tahun, cantik.. Terima kasih udah mau jadi bagian dari hidup gw dan mau bergabung di keluarga kita. Semoga semakin dewasa, semakin rajin ibadahnya, semakin mengerti cowoknya, semakin canggih masaknya, semakin tau kewajibannya, semakin rajin olahraganya, semakin dijaga kesetiaannya, dan jangan lupa.. Semakin sayang sama kita semua. Happy birthday, beautiful..

1 comment:

indah said...

Cinta..., makasih yah udah buatin posting tentang tth & testimoninya, tth tau, pasti cinta buatnya butuh konsentrasi banget, supaya begitu tth baca tth seneng & berkesan buat tth. Sampe sekarang, gak ada cowok manapun yang bisa gantiin cinta, cuma cinta yang bisa ngertiin tth dan buat tth bahagia. Maaf yah..tth lupa ulangtahun cinta kemarin.., sebagai gantinya nanti agustus tth kasih hadiah buat cinta... :), tth cuma minta supaya cinta gak pernah bosen untuk sayang sama tth, dan selalu yakin kalo tth sayang sama cinta, I LOVE U..((K+H))