Friday, September 5, 2008

Hidup Adalah Pilihan


Alhamdulillah. Semua terlaksana dengan lancar. Event yang udah dipersiapkan selama kurang lebih setahun yang melibatkan banyak pertimbangan, saran, pengalaman, dan biaya yang gak sedikit. Terima kasih buat semua pihak yang turut serta ambil bagian dalam penyelenggaraan acara ini. Gw sendiri kurang begitu paham siapa ngurusin apa, tapi yang jelas semua orang sibuk, semua orang mau memberikan tangan, semua orang antusias untuk membantu. Bukannya bossy, tapi kalo udah banyak orang yang ngerjain ngapain juga kita harus ikut repot? Semua gw serahin ke panitia. Gw tinggal jalan tegak, tebar senyum tipis, ikutin gamelan sunda, dan duduk manis di pelaminan. Oke.. gw memang agak nervous waktu ijab kabul, tapi kalo niat udah kuat dan ridho Allah sangat dekat, momen yang sangat sakral dan prestisius itu akhirnya bisa dilewati juga.


Yup. Akhirnya gw nikah. Sang ratu adalah cw yang udah sering gw sebut-sebut di posting-posting sebelumnya: Indah. Lengkapnya Indah Lestari. Perempuan yang dua tahun lebih muda dari gw yang udah sejak Januari 2004 gw pacarin. Satu-satunya pacar yang gw punya dan juga satu-satunya yang pernah jadi pacar gw. Intinya si Indah nih dapet perjaka tulen. Gak pernah disentuh satu cw pun sebelum dia. Fenomena yg menurut gw cukup unik di zaman gonta-ganti pacar dan putus sambung hubungan.

Suatu pertanyaan terhadap diri sendiri yang mungkin juga terlintas di batin setiap cowok dengan prinsip 'satu-pacar-nikah' seperti gw: What a marriage crap.. How do you know if she's the one? Pacaran cuma sekali padahal banyak cw yg gw taksir. Banyak kesempatan yg gw lewatin. Banyak ranting yang belum gw petik. Banyak bunga-bunga yang belum gw hisap madunya (woilah..). Banyak ABG yang belum gw asah (ni lebih parah lagi). Dari mana gw tau kalo Indah tuh belahan jiwa atau soulmate gw? Gimana gw bisa yakin kalo Indah tuh jodoh yang dipilihkan Tuhan buat gw?

Jawabannya? Jujur aja.. gw gak tau. Seperti halnya banyak keputusan penting lain dalam hidup gw yang terlalu besar untuk gw putusin sendiri. Dan seperti yang udah-udah, larinya cuma ke Tuhan -- Sang Penuntun yang selalu menjaga nurani kita tetap jernih untuk dilihat dan tetap bersih untuk bercermin. Gw percaya kesabaran akan berbuah manis. Gw yakin dengan nggak gonta-ganti pacar yang mungkin menyakiti perasaan akan mengantarkan gw ke pilihan yang nggak mungkin salah. Dan (lagi) seperti yang udah-udah, pilihan gw gak salah. Indah adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah gw buat.

Dengan sedikit mempelesetkan slogan salah satu capres gw men-jargonkan slogan baru: Hidup Adalah Pilihan. Life is how you make your choice and how you stick to it. Tinggal pintar-pintarnya kita mengatur agar pilihan kita tersebut berdansa sesuai lagu kita. Seandainya pilihan bisa diubah-ubah semudah mengganti channel TV, nggak akan ada agama untuk jadi pilihan hidup. Nggak akan ada Undang-Undang Dasar. Nggak akan ada hukum fisika. Nggak akan ada ulang tahun pernikahan emas. Nggak akan ada cinta sejati.


Jadi mulai sekarang gw dan Indah akan menempuh hidup baru. Konsekuensi dari pilihan yang udah kita buat. Belajar untuk gak egois dan mulai memikirkan kepentingan berdua. Mulai serius menabung, mengurangi begadang (mungkin untuk awal-awal malah tambah begadang), berbagi selimut, bangun & berangkat lebih pagi, nambah polis asuransi, SIAGA (Siap Antar Jaga), jarang ketemu nyokap bokap (anak mami banget), pasaran jadi turun, mikirin harga sembako, mikirin ini dan itu...

Eits.. Kok nikah malah jadi gak enak ya? Sabar dulu bos.. Gw belum kasih liat sisi positifnya: Ada yg ngerapiin baju-baju gw, ada yang mijetin abis pulang kantor, ada yang masakin air anget, ada yang nyiapin sahur, ada yang mendoakan saat kita jauh, ada yang siap memberi kasih sayang tanpa pamrih, cinta yang gak perlu dibeli, tempat berkeluh kesah, batere spiritual, malam-malam tanpa kedinginan, hari-hari penuh tujuan, ...

So, pilihan gw gak salah kan?

5 comments:

indah said...

Insya Allah, pilihan yang dibuat suamiku gak salah, mungkin ini yang namanya jodoh, kita berdua udah dikasih jalan untuk bisa ketemu dan bisa jadi suami-istri, padahal waktu pertama kita ketemu teteh gak ada gambaran kalau kita bisa jadi suami-istri, karena berjalannya waktu kita pacaran yang cukup lama, teteh bisa yakin kalau cintaku bisa jadi suami dan imam buat teteh (insya Allah). Kalau yang namanya prinsip "satu-pacar-nikah, teteh belum pernah ketemu cowok yang punya prinsip gitu, jadi berarti teteh beruntung dong, gak banyak pengalaman yang tio dapet dari cewek2, cuma sama teteh aja, teteh banga sama cintaku, kalau cintaku gak sama kayak cowo2 lain yang seneng berpetualang dengan berbagai cewek, mudah2an..suamiku gak ganjen2 lagi sama cewek2 di luar..soalnya sekarang cintaku ada yang selalu menunggu dan mendoakan cintaku setiap hari & selalu setia sama tyo, ya siapa lagi kalau bukan istrinya sendiri. I Love U...((K+H))

Ratih Krisanti said...

Betul, gw setuju banget sama kata-kata "Hidup Adalah Pilihan" karena memilih bukan saja menuntut hak kita sebagai manusia tetapi degan memilih menjadikan kita manusia yang lebih baik lagi dan berkualitas. Sebelumnya selamat menempuh hidup baru gw doain apapun yang lo dan teteh jalanin semuanya mendapat ridho dari ALLAH SWT (amin). Gw bersyukur karena kakak gw akhirnya bisa nemuin jodoh yang se-Original lo karena jaman sekarang kan langka cowo kaya lo (hehehehe), good luck y bwt kehidupan baru lo..

Jalan Keluar said...

@indah:
Selalu menunggu? Perasaan gw yg selalu menunggu tth pulang..

@ratih:
You're the most gorgeous sister i ever had. Thanks for the nice comment.

Wibi said...

Hidup memang pilihan yo..
pengen segera jadi artis gw nihhhh
makin pusing gw di slb :(

Aku ini binatang karang said...

Weleh weleh mas Tio ternyata menikah juga akhirnya. Tustel Kwaci, kenal, towel, langsung berjanji sehidup semati. Baguslah.