Thursday, March 25, 2010

Earth Hour 2010 - Why?


Berikut alasan-alasan dan persepsi yang sepertinya membuat orang tidak mau berpartisipasi dalam Earth Hour:

1. TIDAK TAHU

Sangat masuk akal; Pemerintah kita memang kurang men-sounding event ini. Media massa juga seharusnya lebih memberi tempat untuk mengkampanyekan aksi global tersebut. Bagi yang belum dengar, Earth Hour adalah aksi pemadaman lampu selama satu jam yang juga dilakukan ratusan juta warga dunia lain, yang pada tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 27 Maret 2010, mulai pukul 20:30 sampai 21:30.


Pengguna rumahan seperti kita kebanyakan adalah yang paling tepat mendukung aksi ini karena sebagian besar konsumsi listrik di Jawa-Bali adalah dari sektor rumah tangga.

2. MERASA TIDAK PERLU

Masih masuk akal; Hampir semua orang yang diberitahu selalu meragukan pengaruh aksi ini terhadap kelangsungan hidup manusia. Mungkin terdengar bombastis, tapi ini bukan omong kosong yang dibuat-buat untuk menakuti kita.

Sekedar kutipan ilustrasi dari http://www.earthhour.wwf.or.id/ :

Apabila 10% penduduk Jakarta berpartisipasi dalam EARTH HOUR, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh. Hemat konsumsi listrik 300 Mwh sama dengan mematikan 1 pembangkit listrik. Hemat konsumsi listrik 300 Mwh sama dengan Menghemat 267,3 ton CO2. Hemat konsumsi listrik 300 Mwh = Menghemat lebih dari 267 pohon (1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya). Hemat konsumsi listrik 300 Mwh= Persediaan O2 untuk lebih dari 535 orang (1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya).

Lupakan matematikanya.. Coba perhatikan lebih ke jumlah MANUSIA yang bisa tetap hidup oleh aksi sederhana ini.

3. TIDAK MAU

Sulit diterima akal; Sama sulitnya dengan mencari penjelasan dari penolakan tersebut. Sinisme? Atau menganggap ini cuma bualan orang-orang kurang kerjaan? Tolong untuk sebelumnya memahami sebelum melempar pandangan seperti itu.

Pada akhirnya ini adalah masalah kepedulian. Sudah seharusnya kita terpanggil untuk memberikan dukungan yang sangat-sangat tidak membebani ini. Salah satu dari banyak cara kita bersyukur terhadap nikmat Tuhan dengan cara memelihara karunia-Nya. Cara pikir positif yang pasti berguna bila dilakukan bersama-sama.

4. AMERIKA DI BELAKANG SEMUA INI

Whaatt..!? Pemboikotan memang sedang marak belakangan ini. Tapi menghubung-hubungkan Earth Hour dengan konflik kepentingan politik sangat tidak relevan. Toh kalaupun benar ini adalah sesuatu yang positif dan tidak merugikan kita dalam bentuk apapun. Vote for the truth, guys!!

Mari kita memberi kesempatan bumi kita kesempatan untuk bernapas. Mari kita ajarkan anak-anak kita pentingnya menghemat energi. Sadarkan mereka untuk peduli terhadap satu-satunya planet yang akan mereka tinggali. Tidak keluar uang satu rupiah pun. Hanya mematikan lampu-lampu selama satu jam. Hanya satu jam.. Satu jam di hari libur. Satu jam dalam satu tahun.

2 comments:

~PenulisJarang~ said...

hmm..kenapa saya gak bisa lihat postingan ini di list notes fesbuk ya? apa karena fesbuk nge-link ke sini atau blogspot nge-link ke fesbuk?

Jalan Keluar said...

mereka diposting terpisah kok mbak.. Kalo gak muncul di list notes FB, mungkin karena friend yg sampe ribuan makanya note nya lgsg tenggelam oleh wall post lain :)